Rabu, 22 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 22, 2019
 
 Inilah Metode-Metode Pembelajaran yang Bisa Kamu Lakukan  di Dalam Kelas 

Metode pembelajaran yang diberikan pendidik sangat diperlukan dalam pembelajaran terhadap peserta didik. Faktor tersebut dapat mempengaruhi proses belajar peserta didik di dalam kelas. Serta pencapaian hasil belajar pun dapat dilihat dari metode pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.

Pendidik dalam melakukan proses pembelajaran memerlukan metode yang khusus dan terstruktur untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Proses pembelajaran tersebut, harus memiliki chemistri antara pendidik dan peserta didik ketika berinteraksi dalam proses belajar. Untuk menemukan chemistri dalam proses belajar, pendidik harus mengemas metode pembelajaran dengan semenarik mungkin agar peserta didik dapat memahami hasil pembelajaran yang diberikan oleh pendidik.

Metode pembelajaran pendidik di dalam kelas bermacam-macam. Ada yang menggunakan metode forum diskusi, media power point, demonstrasi, konvesional atau yang lainnya. Metode-metode tersebut memiliki kelebihan maupun kekurangan yang menjadi faktor bagi peserta didik sehingga terbentuk karakter belajar peserta didik di dalam kelas. Berikut beberapa metode pembelajaran yang dapat kalian terapkan kepada peserta didik:

1. Forum Diskusi 

 
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan memecahkan masalah. Metode ini dilakukan secara berkelompok atau biasa disebut diskusi kelompok. Peserta didik diharuskan memecahkan masalah dengan forum diskusi yang biasanya dipimpin oleh satu moderator. Metode ini memiliki kelebihan, yaitu peserta didik dapat memahami bahwa setiap permasalahan dapat diselesaikan melalui diskusi, dan juga mendorong peserta didik untuk berfikir kritis terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. sehingga, peserta didik tidak melihat masalah dari satu pandangan. Metode diskusi juga memiliki kekurangan, yaitu hanya memiliki pokok pembicaraan yang terbatas, dan hanya peserta didik yang suka berbicara yang menguasai forum diskusi tersebut.
2. Media Power Point 


Metode yang satu ini lebih memberatkan pada media Power point untuk menjelaskan maupun memberikan materi dari pendidik ke peserta didik. Metode ini dijadikan sebagai pengganti buku atau bahan ajaran dalam bentuk kertas, dan biasanya instansi pendidikan menyediakan proyektor untuk menampilkan bahan ajar pada power point tersebut. Namun, tidak jarang pula pendidik hanya memberikan bahan ajar tersebut tanpa menjelaskan secara keseluruhan mengenai bahan ajar yang diberikan. Sehingga, peserta didik diharuskan mempunyai smartphone atau laptop untuk mengakses bahan ajar tersebut. Kelebihan metode tersebut, peserta didik mampu mengakses kapan saja materi yang telah diberikan oleh pendidik. Namun, kekurangan pada metode ini jarang peserta didik mengulas balik materi yang telah diberikan.

3. Demonstrasi 

Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan langsung pada benda atau bahan dalam proses pembelajaran. Metode ini pendidik memberikan banyangan nyata terhadap materi yang diberikan. Biasanya, metode ini dilakukan dengan cara praktikum. Dimana peserta didik dapat melakukan apa yang telah di demonstrasikan oleh pendidik. Metode ini memberikan keuntungan kepada peserta didik. Karena, peserta didik dapat memahami dengan jelas mengenai suatu proses atau cara kerja dari barang atau bahan tersebut. Namun, tidak semua materi dapat dilakukan melalui metode demonstrasi.

4. Konvesional 
 
 
Metode konvesional dapat artikan dengan metode ceramah, metode dilakukan pendidik dengan memberikan penjelasan secara keseluruhan mengenai materi yang diberikan kepada peserta didik. Metode ini tidak memakai banyak alat peraga maupun barang lainnya, sehingga dapat dilakukan dengan lisan kepada peserta didik. Kelebihan pada metode ini yaitu, pendidik mampu mengendalikan kelas secara untuh dan materi yang diberikan jangkauannya dapat lebih luas. Sedangkan kekurangan pada metode ini dapat membuat peserta didik bosan dan mudah mengantuk.

Metode-metode tersebut dapat kalian terapkan kepada peserta didik kalian. Dan pilih metode mana yang cocok untuk peserta didik kalian. Semoga ilmu yang kalian berikan kepada peserta didik kalian dapat dimengerti dan bermanfaat di masa yang akan datang.



0 komentar:

Posting Komentar