Kamis, 23 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 23, 2019


Foto: Doc. Disaster Records

Siapa yang tidak mengenal Rilisan Fisik Musik ? Mungkin sedikit tabu dengan kata Rilisan Fisik di kalangan millenial. Oke, disini saya akan membahas sedikit mengenai apa itu Rilisan Fisik. Bagi sebagian orang, musik adalah obat hati atau pengendali mood atau mungkin saja musik adalah segalanya dalam kehidupan.

Dan musik sangatlah mudah di dapatkan, Ya! Karena musik bisa di nikmati baik secara berbayar maupun gratis dan yang muda sampai yang tua bisa menikmati musik.Di indonesia sendiri pekembangan musik mengalami perubahan dengan seiring berjalannya waktu. Dahulu musik dijual dan di nikmati melalui Vinyl atau piringan hitam, lalu berubah menjadi berbentuk Cassette atau Kaset. Kemudian berbentuk Compact Disc atau CD bisa juga cakram padat (yang biasa disebut oleh pedagang rilisan fisik).

Seiring berkembangnya zaman, memasuki era digital tahun 2000an atau saat internet sudah bisa di jangkau lebih mudah, musik lebih gampang di dapat melalui berbagai jenis Platform musik Online di berbagai Aplikasi. Dan Rilisan Fisik sempat mengalami penurunan drastis pada penjualan bahkan sempat berhenti di karenakan bermunculan penyedia musik yang lebih mudah di nikmati tersebut.

Foto : Doc. Pure Records

Foto : Doc. Pure Records

Tetapi tidak menurunkan semangat penjual untuk menyediakan kepada yang menyukai Rilisan Fisik tersebut. Seperti, kolektor musik atau hanya penikmat musik melalui Rilisan Fisiknnya, seiring berjalannya waktu. Ramai kembali Rilisan Fisik tersebut dikarenakan ingin menikmati musik yang asli atau di karenakan Band atau Musisi tersebut sudah menjadi Legend.

Dan jangan salah, di saat maraknya kembali Rilisan Fisik harga yang di pasang cukup tinggi. Seperti Vinyl Metallica album “MASTER OF PUPPETS” di jual dengan harga Rp.600.000 - Rp.700.000 mungkin khususnya di indonesia mengingat kembali harga Dollar yang naik menjadi sulit dalam pengiriman barang atau mengenai harga tersebut.


Jika pasaran CD atau Cassette untuk Band lokal indonesia cukup terjangkau harganya kisaran Rp.50.000 - Rp.70.000 untuk Cassette kisaran Rp.20.000 - Rp.55.000

Dan begitu pula penjual elektronik khususnya penjual barang elektronik Vintage mereka menjual kembali alat pemutar Vinyl yaitu Turntable mulai dari yang manual hingga yang memakai Bluetooth, dan Walkman untuk memutar Cassette atau kaset. Dan juga Disk Man untuk mempermudah memutar CD karena hanya memakai Battery tetapi sampai sekarang walaupun hanya beberapa bisa memutarnya di mobil.

Jikakalian ingin membeli Rilisan Fisik tersebut secara langsung bisa kalian kunjungi beberapa toko di berbagai kota di indonesia berikut toko - toko yang menjual Rilisan Fisik :


1. BHANG RECORDS



Foto: Doc. Bhang Records


Bhang Records yang dimiliki oleh Rektivianto Yoewono vocalis dari Band THE SIGIT. Tidak hanya menjual Rilisan Fisik, tetapi juga Skateboard juga! Dan Label Rekaman. Beralamat di Jl. Sukasenang 3 No. 4, Bandung. Atau kunjungi Instagramnya: @bhangrecords

2. OMUNIUUM



Foto: Doc. Omuniuum


Omuniuum yang juga menjual berbagai Rilisan Fisik sampai ke Merchandise Band. Pemilik yang biasa di panggil Boit ini juga menjual buku - buku di dalam Omniuum. Beralamat di Jl. Ciumbuleuit 151 B Lt. 2 Bandung. Atau kunjungi Instagramnya: @omuniuum


3. KIOS OJO KEOS

Foto : Doc. Kios Ojo Keos

Kios Ojo Keos yang di kelola oleh keluarga Efek Rumah Kaca ini jga menjual berbagai Rilisan Fisik, dan juga buku - buku. Kios Ojo Keos juga sering membuka Sharing Session dengan berbagai macam Band, Penulis dll. Beralamat di Jl. Bona Indah Plaza blok A2 No. B11, Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta. Atau kunjungi Instagramnya: @kiosojokeos



4. PURE RECORDS



Foto: Doc. Pure Records

Pure Records, berlokasi di Karawang. Toko kecil yang menjual Rilisan Fisik dari Band lokal ada juga beberapa dari Band luar. Pemiliknya 3 orang Mahasiswa yang membangun usahanya dari tahun 2015. Saat ini Pure Records belum mempunyai toko, hanya melalui Online Store untuk melihat barang apa saja yang ada di Pure Records bisa kunjungi Instagramnya; @purerecords_

Dari toko - toko tersebut kalian bisa mengunjunginya langsung atau membelinya secara Online dengan menghubungi kontak yang sudah tersedia di alamat media sosial mereka.

Begitu saja mengenai sedikit penjelasan tentang Rilisan Fisik, ada yang perlu di garis bawahi yaitu,

JIKA SUKA DENGAN BANDNYA BELI RILISAN FISIKNYA, BELI MERCHANDISENYA, NONTON KONSERNYA!



Nama : Muhammad Alvian Wibiksana

NPM : 1810631190152

Kelas : 2C - Ilmu Komunikasi

Dosen Pengampu : Oky Oxcygentri, S.Sos.,M.M.

Mata Kuliah : Pengantar Jurnalistik

0 komentar:

Posting Komentar