Kamis, 23 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 23, 2019
Nama : Efi Ardayanti 
NPM : 1810631190121 
UAS Jurnalistik




  Ada 3 Tipe Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas, Kamu Termasuk Yang Mana?






Ilustrasi keadaan saat mengerjar deadline. By : google

Menjadi mahasiswa adalah suatu kebanggaan tersendiri ya, karena tidak banyak yang beruntung untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Kata "Mahasiswa" sendiri berasal dari dua kata, Maha dan Siswa. Maha sendiri bermakna 'Amat' dan 'Sangat', sedangkan Siswa artinya pelajar. Jadi, Mahasiswa adalah seseorang yang amat terpelajar atau sangat terpelajar.

Salah satu hal yang melekat pada status mahasiswa yaitu tugas. Tugas dan mahasiswa adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan dan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Tugas yang berdatangan dari berbagai mata kuliah dan dosen yang berbeda-beda ini menghampiri mahasiswa hampir setiap hari dan mau tidak mau harus dikerjakan demi sebuah nilai. Namun pemberian tugas ini bukan tanpa alasan, melainkan demi kebaikan kita sebagai mahasiswa juga. Anggaplah tugas menjadi bahan untuk kita berlatih, karena latihan membuat kita semakin pandai dan andal.

Setiap mahasiswa memiliki gayanya tersendiri dalam mengerjakan tugas. Tiap-tiap mahasiswa akan mengerjakan sesuai dengan karakternya masing-masing tentunya agar mencapai hasil yang maksimal. Nah, inilah 3 tipe mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan kamu termasuk tipe yang mana ya?

1. Mahasiswa yang mengerjakan tugas dari jauh-jauh hari.

Tipe mahasiswa seperti ini cenderung memilih untuk mengerjakan tugas dari jauh-jauh hari sebelum hari pengumpulan tugas baik tugas individu maupun kelompok. Mereka memiliki prinsip untuk langsung mengerjakan tugas jika ada pada malam hari atau sepulang kuliah. Cara ini dipilih agar dalam pengerjaan tugas tidak terburu-buru dengan memiliki bahan atau materi yang cukup matang dan tentunya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Keuntungan lainnya kamu akan merasa tenang karena tugas sudah selesai sebelum waktunya, walaupun kamu harus merelakan waktu bermain dan bermalas-malasan di kasur sambil bermain handphone.

2. Mahasiswa yang mengerjakan tugas menjelang deadline.

Mahasiswa tipe ini hanya akan bisa mengerjakan tugas disaat sudah mepet waktu pengumpulan tugas. Keadaan seperti ini mahasiswa sering menyebutnya the power of kepepet. Mereka merasa jika sudah terdesak deadline maka ide, inspirasi, dan semangat dalam mengerjakan tugas itu lebih besar dibanding jika mengerjakan dari jauh hari. Walau bagaimanapun juga tugas yang dikerjakan secara terburu-buru terkadang membuat mereka tidak paham akan tugasnya dan hasilnya pun akan kurang maksimal. Jika dirasa kurang maksimal mereka hanya pasrah atau menanyakan kepada teman yang mendapat hasil maksimal agar bisa memahami tugasnya dan biasanya mahasiswa deadliner ini terbiasa mengerjakan tugas pada H-1 atau H- beberapa jam dihitung dari waktu pengumpulan tugas tersebut.

3. Mahasiswa yang mengerjakan tugasnya berdasarkan mood.

Tipe yang terakhir ini adalah tipe yang paling labil ya, karena mereka mengerjakan sesuai dengan mood mereka. Jika suasana hati mereka sedang baik, maka mereka dengan segera mengerjakan tugas tersebut. Jika suasana hati mereka sedang kurang baik atau lagi ada masalah, mereka akan menunda-nunda pengerjaan tugas tersebut sampai mendekati deadline.

Nah, itu dia tipe-tipe mahasiwa dalam mengerjakan tugas. Tipe-tipe diatas tidak ada yang paling baik ataupun yang paling buruk ya, itu semua tergantung pada pribadinya masing-masing. Karena yang paling tau diri kita ya diri kita sendiri, jadi lakukan sesuai dengan kemauan dan kemampuan mu ya, yang penting kamu dapat memperoleh hasil yang maksimal dan bertanggung jawab pada tugas yang telah diberikan. Jadi, kamu termasuk tipe yang mana nih?






0 komentar:

Posting Komentar