Kamis, 23 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 23, 2019
[ Foto: LPJ santri OPPAL JIRIEN]

Pondok pesantren adalah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Nah, disini aku ingin memberikan pengalaman seru saat berada pada pondok pesantren dalam organisasi yang pertama kali aku jalanin dipondok pesantren Al-Muhajirin Purwakarta kampus1, biasanya santri sering menyebutnya jirin yah tulisannya zirien. Dipondok ini diadakan organisasi seperti OSIS yang disebut OPPAL tapi, OSIS kan organisasinya pada saat SMP, sedangkan OPPAL organisasi ini dijalankan oleh santri pada kelas 3 SMA. OPPAL adalah organisasi pelajar pesantren Almuhajirin jadi, sebutan oppal hanya ada di sekolah Al-muhajirin ini. Oh iyah Pesantren Al-muhajirin memiliki 2 organisasi pada muridnya dan santrinya, saat sekolah disebut murid dan diawasi oleh OSIS, sedangkan OPPAL baik di sekolah atau saat di luar sekolah tetap diawasi oleh OPPAL. Dan tugasnya OPPAL itu di Pesantren dalam Asrama Putri (ASPI) yang mengawasi seluruh santri dari adik kelas sampai seangkatannya.

OPPAL memiliki masa kerjanya selama satu tahun menjabat sebagai OPPAL dan ada pula laporan penanggung jawabnnya setelah masa menjabatnya habis. Aku mau ngasih tau bahwa pondok di sini dipisah dari asramanya dan sekolahnya pun dipisah jadi, ada OPPAL cewe dan OPPAL cowo masing-masing memiliki struktur organisasi yang berbeda. OPPAL Asrama Putri struktur organisasinya yang memiliki program kerja tersusun dari ketua OPPAL atau yang disebut Roisah , sekertaris satu dan dua, bendahara satu dan dua, dan setelah itu ada pembagian anggota jabatan yang akan aku kasih tau kalian yang wajib ada di organisasi pondok Pesantren Almuhajirin ini dan juga apa fungsinya di Sekolah atau di asrama, pertama ada bagian keamanan, keamanan yang harus ada di organisasi ini karena tugasnya berat banget mengawasi seluruh santri, kedua itu bagian pendidikan bertugas mengawasi saat pengajian atau materi yang dikasih ustadz/ah setiap saat, ketiga bagian peribadahan yang menuntun santri untuk sholat berjamaah dimasjid dan membawa perlengkapan ibadahnya, keempat bagian bahasa bertugas memberikan santri bahasa inggris dan arab yang harus dipakai setiap saat jika tidak menggunakan bahasa yang diberi akan di berikan poin pelanggaran santri, ada bagian olahraga, kesenian, kesehatan, KIR, perpustakaan, dan terakhir ada bagian koprasi yang biasanya mengenai makanan kantin.

Aku sendiri jabatannya sebagai bagian koprasi, koprasi itu hanya bagian konsumsi dan menjualkan makanan ke santri tapi, itu di luar perkiraan aku jadi, aku banyak ilmu yang diambil yaitu, mencari untung dalam berjualan, membuat jurnal keuangan, mengatur keluarnya uang untuk keperluan, mensiplinkan barang yang ada, ketika melayani konsumen itu sangat hal yang berharga di mana belajar menawarkan suatu makanan, terus berinteraksi bagaimana berbicara baik ke konsumen, dan yang penting jaga keuangan yang menghasilkan keuntungan berlipat-lipat.

Setelah kita menjalankan organisasi tersebut sudah waktunya habis masa jabatan, kami melaporkan kepada pihak pesantren dan sekolah program apa yang telah diselesaikan oleh OPPAL. Acara LPJ (laporan penanggung jawaban) yang ditunggu-tunggu saatnya pelepasan jabatan, jadi ini acara resmi banget karna kita melaporkan program kerja kegiatan selama setahun. Pengalaman organisasi dalam pondok saat keluar itu menjadi pelajaran sekali, karna kita udah pernah mengalami banyak masalah saat menjabatnya. Jika kita mendapatkan hafalan banyak dan belum lagi tugas menjadi OPPAL maka jalankan aja dengan bismillah dan menginginkan keberkahan.

Nih, yah kalian kalau mau masuk pesantren mungkin bisa di cari sesuai dengan kemauan kita, jangan sampai berlebihan ada paksaan yang mengekang nantinya jadi gak betah, jika kalian tidak terlalu memaksa maka ikutin dulu aja, nanti juga akan terbiasa dengan lingkungan dan temannya. Pesantren aku gak ada saudara atau temen yang udah kenal jadi, aku seperti orang asing dan menyendiri di pondok tapi, ternyata banyak juga yang memang seperti aku jadi gak ada yang takut bakalan diasingkan karena di sana kita kenalan dan menjadi teman akrab dan dekat. Di sana kalau udah kenal semua pasti bakalan kerasa kebersamaan yang disebut solideritas yang solid ya guyss......

Muzdalifah (1810631190156) 2 Ilmu Komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar