Kamis, 23 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 23, 2019
Nama: Prismawati 
NPM : 1810631190157 



https://tanamanhiasan.com
Rosela atau yang mempunyai nama latin Hisbiscus sabdariffa merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Bunga ini mempunyai beragam warna seperti merah, Ungu, kuning dan putih, namun yang lebih banyak dikenal orang adalah bunga rosella merah. Biasanya orang membudidayakan rosela merah untuk tujuan medis karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bunga ini, seperti: vitamin (A, B1, B2,B3, dan C), kalsium, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, natrium dan asam amino yang tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa manfaat rosela bagi kecantikan dan kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

1. Mencerahkan dan mencegah kerusakan kulit

2. Melindungi kulit dari radikal bebas

3. Menurunkan berat badan

4. Sebagai antioksidan

5. Mengatasi peradangan

6. Mencegah pengeroposan tulang

7. Mengurangi stres dan depresi

https://www.alodokter.com
Selain dijadikan sebagai tanaman hias, bunga rosela dapat diolah menjadi teh, sirop dan selai, namun biasanya masyarakat insonesia lebih banyak menjadikannya sebagai teh karena cara penyajiannya cukup mudah. Teh rosela ini dapat dibuat dengan menggunakan bunga rosela yang masih segar maupun yang telah dikeringkan. Teh rosela sering disebut sour tea karena memiliki rasa yang asam dan menyegarkan.

Cara pengolahan bunga rosela menjadi teh pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bunga rosela yang sudah mekar maupun yang telah dikeringkan dan buang bijinya. Kemudian dicuci bersih. Setelah itu rebuslah bunga rosela dengan air sampai warnanya berubah menjadi kemerahan dan mendidih. Lalu angkat dan tuangkan kedalam gelas atau wadah. Kamu juga bisa menambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa asam yang dihasilkan dari rebusan bunga rosela.

Jika kamu ingin membuat bunga rosela menjadi selai. cara pembutannya pun tak kalah mudahnya dengan teh rosela. Kamu hanya perlu menyiapkan bunga rosela yang telah dikupas dan dikelurkan bijinya. Lalu dicuci bersih. Kemudian blender bunga rosela dengan tepung maizena dan air sampai benar-benar halus. selanjutnya rebuslah hasil blenderan tersebut, tambahkan gula, vanili, garam dan air jeruk nipis, lalu aduklah hingga mengental dan mendidih. Setelah itu dinginkan selai rosela, kemudian masukan kedalam stoples atau bekas botol selai dan tutup rapat.

Nah, itulah beberapa manfaat bunga rosela bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan hasil maksimal anda dapat menerapkan cara diatas secara rutin. Namun sebaiknya kita tidak mengonsumsinya secara berlebihanan. Sebab segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. . Selain itu kita harus mengimbangi dengan olahraga serta menjaga asupan makan yang bergizi dan sehat.










































0 komentar:

Posting Komentar