Rabu, 22 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 22, 2019
Pertumbuhan manusia di muka bumi makin hari makin bertambah. Dengan bertambahnya jumlah penduduk di muka bumi menyebabkan bertambah pula kebutuhan dari berbagai aspek kehidupan. Konsumsi makanan pun menjadi salah satu faktor yang patut diperhatikan pertambahannya.Yang menjadi perhatian adalah bukan berarti bertambahnya manusia di bumi, umur bumi pun akan semakin bertambah.Bumi hari ini sudah cukup tua untuk di katakan baik baik saja. Banyak kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh tangan tangan jahil manusia baik di sengaja ataupun tidak.Kesadaran masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari adalah penentu umur bumi akan baik-baik saja hingga kapan.Kita sebagai manusia bumi dapat melakukan 3 gerakan menolak demi kebaikan bumi dalam kehidupan sehari-hari kita.

1.Menolak memakai sedotan plastik

Sering dari kita yang terbiasa menggunakan sedotan plastik ketika meminum minuman di restoran atau rumah makan yang sedang diunjungi. Ataupun di cafĂ© yang biasa dipakai bersua bersama teman-teman. Tanpa kita sadari sedotan plastic  yang tak sengaja kita pakai di setiap hidangan minuman tersebut memiliki kontribusi besar dalam kerusakan bumi. Plastik yang sulit terurai berakibat bertumpunya di badan bumi hingga ratusan tahun lamanya.
Dengan fakta tersebut sudah sepatutnya kita menolak pengunaan sedotan plastic untuk dipakai. Mari mengganti sedotan plastic tersebut dengan sedotan yang berasal dari alumunium fil yang telah banyak dipasaran dan bisa  kita pakai serta bawa kemanapun kita pergi.

2. Menolak kantung plastik ketika berbelanja

Berbelanja adalah kegiatan yang disenangi oleh orang banyak.segala kebutuhan didapatkan dengan berbelanja. Selepas berbelanja biasanya penjual akan mewdahi beanjaan kita dengan kantung plastic yang tanpa sadar pula unsur plastik tersebut sangat lama sekali untuk berhasil terurai. Membuangnya hanya membutuhkan satu detik saja tetapi embutuhkan satu abad untuk berhasil menghilankannya dari muka bumi ini. Mari menolak penggunaan kantung plastic dan menggantinya dengan tas kain yang bisa kita bawa  dan pakai kapanpun kita membutuhkannya. Selain menjadi satu langkah dalam menjaga lingkungan, penggunaan kantung kainpun memiliki suatu bentuk yang multifungsi bagi kenyamanan berbelanja.

3.Menolak penggunaan kendaraan yang tidak bertanggung jawab

Kendaraan bermotor dua ataupun empat sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat di muka bumi. Dengan jarak jauh yang perlu ditempuh oleh setiap pribadinya menyebabkan kendaraan adalah moda transportasi yang dapat menyelamatkan penggunanya dari keterlambatan dan dari jarak yang jauh. Namun, hari ini terkadang kendaraan banyak digunakan tidak secara tempatnya atu tidak bertanggung awab, banyak yang menggunakan kendaraan pribadi hanya untuk gaya hidup dan tak esuai untuk kebutuhannya. Memang sudah hak pemilik untuk mengunakan barangnya tetapi yang harus di garis bawahi adalah dampak dari kendaraan bermotor yang terus dipakai tanpa ada upaya pemulihan lingkungan. Asap knalpot yang diciptakan kendaraan bermotor sangat membantu sekali dalam pengrusakan lingkungan. Makadari itu mari menolak pemhamburan penggunaan kendaraan bermotor dan enggantinya dengan upaya yang jauh lebih ramah lingkungan.

Dari ketiga upaya menoak diatas, banyak perubahan yang dapat kita ambil sisi positifnya demi menjaga umur bumi sebagai rumah kita bersama. Bukan hanya kita tetapi mahkluk lainnya serta turunan-turunan kita berikutnya. Mari menjaga kesehatan bumi dengan dimulai dari kesadaran diri sendiri dan gerakan kecil seperti pemaparan diatas. Mari bertamah ramah pada lingkungan agar bumi tetap menjadi rumah yang indah bagi setiap penghuninya.


0 komentar:

Posting Komentar