Kamis, 23 Mei 2019

Posted by IKOM 2C On Mei 23, 2019
Nama : Ryan Prameswara NPM : 1810631190139
Dosen : Oky Oxcygentri, S.Sos., M.M.


Apa Singkatan Dari Paskibraka. Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Walikota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Negara). Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Sejarah Singkat Tentang Paskibraka. Istilah Paskibraka lahir pada tahun 1946, Dimana ibukota Indonesia pada saat itu dipindahkan ke DI Yogyakarta. Pada Saat Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, mucul ide sebaiknya Proses Pengibaran Bendera Pusaka Dilakukan Oleh Generasi Muda. Karena ide itu tidak mungkin terlaksana, maka dihadirkanlah lima orang pemuda-pemudi (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah dan kebertulan sedang berada di Yogyakarta. Lima orang tersebut melambangkan Pancasila.

Dua pelajar asal Kabupaten Karawang berhasil lolos seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jawa Barat 2019. Keduanya yaitu Rico Imam Ghozali dari SMAN 3 Karawang dan Joice Margaretha asal SMAN 1 Cikampek. Dari empat pelajar yang mengikuti seleksi, ada dua orang yang masuk tim Paskibraka tingkat provinsi. Keberhasilan ini menunjukan adanya peningkatan, karena tahun lalu hanya ada satu perwakilan. Berita ini disampaikan langsung oleh Drs. H. Dadan Sugardan, M.Pd, melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dra. Sitti Imas Massitoh, M.Pd, didampingi Kasi Pemuda Kosasih, S.Pd., M.M dan Ketua PPI Karawang Risman Maulana, S.Pd.

Dikatakan Imas, lolosnya Rico dan Joice dalam seleksi yang berlangsung di Dodiklat Bela Negara Rindam III Siliwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 2-5 Mei 2019, tak lepas dari semangat dan kerja keras keduanya, serta dukungan semua pihak termasuk PPI (Purna Paskibra Indonesia) dan Pemerintah Kabupaten Karawang.

Sebelumnya, Rico dan Joice juga telah mengikuti seleksi tingkat kabupaten (Karawang) pada Februari dan menjalani pemusatan latihan mulai Maret lalu. Ini tentunya jadi modal berharga bagi keduanya di saat mengikuti seleksi tingkat provinsi kemarin.

Imas berharap, baik Rico maupun Joice bisa memaksimalkan kesempatan yang dimiliki dengan lebih semangat dan giat berlatih. Sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik saat pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semoga keduanya bisa menjadi kebanggaan Kabupaten Karawang, serta bisa memotivasi generasi muda lainnya untuk berlomba-lomba mengukir prestasi dan mengharumkan Karawang dalam segala bidang.




0 komentar:

Posting Komentar